Minggu, 03 Januari 2010

internet yang merajalela...

"Di kantor online pake proxy
walau diblok server bisa dilolosi
namanya udah ketagihan internet
produktifitaspun kepepet
Jam kerja malah chatting YM
ngobrol online sama ehehem
atasan lewat langsung klik data pura pura kerja didepan mata
Reff:
Siang malam ku selalu menatap layar terpaku untuk online online
online online
Jari dan keyboard beradu
pasang earphone denger lagu aku online online
online online

Makan siang pun aku cari sinyal wi - fi
Mengapa ku kecanduan oh why why
kadang terasa bagai tak berdaya
ingin ku berubaah... Eh, ada email uda dulu ya"

Penggalan lirik lagu dari Saykoji yang berjudul "online" tersebut menggambarkan salah satu dahsatnya pengaruh internet di kehidupan sehari-hari. Internet sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi yang menjanjikan kemudahan akses informasi seluas-luasnya, benar-benar bisa membuat penggunanya terlena dan ketagihan. Hanya dengan duduk di depan layar, seseorang didalam kamar bisa menjelajah dunia dalam satu malam.

Sebenarnya internet merupakan tekonlogi yang sangat bermanfaat karena bisa banyak membantu manusia dalam melakukan tugas atau pekerjaannya. Mahasiswa bisa memperoleh bahan untuk kuliahnya tanpa perlu membeli buku, informasi bisa disebarkan dengan mudah, dan masih banyak lagi.

Tetapi jika internet dimanfaatkan disaat yang tidak tepat, dan untuk keperluan yang tidak tepat juga...internet bisa mengganggu kegiatan belajar bagi mahasiswa, dan kinerja bagi seorang pegawai. Seperti penggalan lirik lagu diatas, fasilitas internet yang disediakan oleh kantor untuk mengakses informasi yang bisa menunjang pekerjaan, malah dimanfaatkan untuk hal yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan dan hasilnya malah akan mengganggu kinerja pegawai tersebut. contohnya Facebook , bukan berarti facebook itu dilarang, apakah facebook itu sesuatu yang positif atau negatif...itu semuanya tergantung waktunya.. Jika kita membuka facebook saat sedang menunggu bus di halte, atau di saat jam istirahat..facebook adalah hal yang positif, karena kita mengisi waktu luang dengan bersosialisasi..tetapi, jika kita membuka facebook saat ada pekerjaan menumpuk yang harus segera kita kerjakan atau ada tugas kuliah yang harus segera dikumpulkan, facebook menjadi sesuatu yang negatif, karena kewajiban kita terabaikan.

Itu adalah salah satu contoh kecil pengaruh berkembangnya internet dikehidupan masyarakat...jika kita mau mengamati masih banyak pengaruh yang ditumbulkan oleh keajaiban teknologi ini...baik itu pengaruh positif ataupun negatif. Sekarang tinggal kita sendiri yang memutuskan, apakah kita akan membiarkan internet memberikan pengaruh positif atau negatif dalam kehidupan kita..Semua tergantung bagaiman cara kita memanfaatkan teknologi ini... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar